Sabtu, 09 April 2011

Menara Petronas Malaysia



Bagi yang ingin berlibur ke Malaysia tapi dananya pas-pasan, mungkin tips ini bisa sedikit membantu apalagi sekarang fiskal sudah dibebaskan bagi yang sudah mempunyai NPWP. Terlebih, Malaysia juga merupakan salah satu negara dengan biaya hidup yang kurang lebih sama dengan Indonesia, sehingga budget liburan jadi tidak terlalu mencekik leher.
Penerbangan
Penerbangan murah selain Air Asia yang bisa kita pakai adalah Lion Air. Detilnya bisa dibuka di www.lionair.co.id, pembayaran untuk pembelian tiket secara on line bisa dilakukan dengan kartu kredit maupun ATM, khusus untuk ATM diberi jangka waktu 2 jam untuk melakukan pembayaran sejak dari tiket di booking. Sedangkan untuk pembelian melalui kartu kredit maka pemilik kartu kredit juga harus ikut dalam penerbangan.
MRT, Kuala LumpurTransportasi
Terdapat 2 airport utama di KL, yaitu Low Cost Carrier Terminal/LCCT (khusus untuk penerbangan dengan Air Asia) dan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) untuk penerbangan selain Air Asia. Kedua airport ini terletak jauh dari pusat kota. Transportasi dari LCCT bisa menggunakan taksi maupun bis, sedangkan dari KLIA terdapat pilihan sbb:
KLIA Express, yaitu kereta api dengan jarak tempuh hanya 30 menit dari KLIA ke KL Sentral (interchange terbesar), harganya RM 35. Budget Taksi dengan harga sekitar RM 50 keatas.
Kalo mau hemat sich mendingan naik bis aja, jauh lebih murah. Untuk ke arah kota, maka perhentian terakhir bis adalah di KL Sentral. Dari KL Sentral ada banyak moda transportasi yang dapat digunakan untuk kita melanjutkan perjalanan. Mulai dari monorail, Star Line / LRT, KTM maupun taksi.
Untuk jalan-jalan dalam kota, kalo pergi sendirian lebih baik menggunakan monorail, Star Line / LRT maupun KTM. Tapi kalau bepergian 3 orang atau lebih, mendingan naik taksi karena ongkosnya lebih hemat.
Ini adalah rute kalo memakai Star Line/LRT, jadi kalo pembaca sudah di KLCC untuk menuju ke Masjid Jamek, Pasar Seni dan KL Sentral dekat sekali dan mudah.

Tempat wisata yang perlu dikunjungi
Untuk dalam kota, China Town / Petaling Street wajib buat dikunjungi, terutama untuk membeli oleh-oleh seperti t-shirt, dll. Kalau sudah di Petaling Street, untuk mencapai tempat wisata lainnya seperti Pasar Seni, Masjid Jamek tinggal jalan kaki saja dan papan petunjuk pun sangat jelas. Kalo bingung, tanya2 aja sepanjang jalan…tapi siap2 kaki pegel2, oya jangan lupa bawa sandal jepit?.
Bagi yang punya hobi shopping, jangan lupa mengunjungi KLCC / Petronas Twin Tower, Bukit Bintang, Mid Valley dan Sungei Wang. Buat penggemar gadget, perlu banget mengunjungi Low Yat buat melihat perkembangan teknologi terbaru.
Kalo ada waktu lebih boleh juga mengunjungi Genting Highlands.  Untuk mencapai Genting Highlands bisa memakai bis dari KL Sentral menuju station Skyway dan kepuncaknya dilanjutkan dengan Skyway Cable Car ini. Silahkan klik www.genting.com.my untuk lebih jelasnya. Ada juga harga paket tapi kalo gak mau harga paket bisa beli tiket bis saja dari KL Sentral ke Station Skyway kemudian saat sudah sampai di station Skyway beli tiket untuk skywaynya kurang lebih RM 20 pulang pergi, kalo paket itu sekitar RM 42 untuk hari2 biasa.
Makanan yang murah
Bukan ke Malaysia namanya kalau belum mencoba Roti Canai dan Teh Tarik. Kalau aku sich sukanya Roti Telur (canai yang pake telur). Makanan di kedai mamak / rumah makan India memang lebih murah dibandingkan makan di mall. Harga Roti Canai Telur kalo udah dikota bisa RM2 tapi kalo dipinggir kota masih RM1.30, sedangkan untuk teh tarik antara RM1.20-RM1.80 tergantung tempat juga.
Untuk backpackers
Bagi backpackers yang ingin meneruskan perjalanan ke Singapore maupun ke Thailand bisa dengan memakai kereta api maupun bis, tiket untuk kereta api bisa dibeli di KL Sentral, sedangkan untuk bis bisa dibeli di terminal bis Puduraya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar